Makalah Peranan Komputer Dalam Bidang Peternakan

Jaringan Share 07.41

Makalah Peranan Komputer Dalam Bidang Peternakan


PRAKTIKUM MATA KULIAH APLIKASI  KOMPUTER
Peranan Komputer Dalam Bidang Peternakan
BAB I
Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Sejalan dengan tingkat kemajuan pembangunan, maka kebutuhan manusia terus meningkat. Pemenuhan kebutuhan pangan meliputi : karbohidrat, lemak, protein, mineral dan hormon. Penelitian dan penerapan hasil penelitian diberbagai bidang ilmu dan teknologi terus diupayakan dan dikembangkan agar pemenuhan kebutuhan terwujud. Dipihak lain, manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya berusaha memanfaatkan segala sistem yang ada disekitarnya. Salah satu sistem yang sangat penting adalah Sistem Bio Sosio Ekonomi yang bernama peternakan.
Sistem ini sangat penting karena menghasilkan bahan pangan manusia yang bergizi tinggi, yaitu protein hewani. Oleh karena itu melalui peternakan, manusia tidak henti – hentinya mengusahakan peningkatan produksi ternak yang berupa protein hewani, baik yang berupa: daging, susu, dan telur. Usaha – usaha tersebut antara lain melalui penerapan ilmu dan teknologi beternak yang disebut pemuliaan ternak. Setelah komputer diciptakan, maka perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak makin maju dan pesat.
B.       Identifikasi Masalah
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peranan komputer dalam bidang peternakan mampu meningkatkan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak agar semakin maju dan pesat. Bertitik tolak dari latar belakang, maka penulis dapat memformulasikan suatu permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1.    Bagaimana perkembangan penggunaan komputer dalam bidang peternakan
2.    Bagaimana peranan komputer dalam peningkatan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak
3.    Apa yang menjadi hambatan penggunaan komputer dalam bidang peternakan
C.       Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1.         Untuk mengetahui bagaimana peranan aplikasi komputer dalam bidang peternakan
2.         Untuk menyelesaikan tugas dari Praktikum Aplikasi Komputer


BAB II
Tinjauan Pustaka
Sebelum kita membahas tentang pengertian yang berkaitan dengan komputer, terlebih dahulu penyusun akan membahas tentang pengertian peternakan, karena bidang peternakan merupakan pokok bahasan kita.
A.       Pengertian Peternakan
Peternakan adalah suatu sistem yang mempelajari tentang pemanfaatan ternak untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Ternak merupakan istilah untuk menunjuk ( secara jamak) kepada suatu binatang jinak yang dengan sengaja dipelihara di dalam suatu agrikultur untuk menghasilkan makanan atau untuk tenaga kerja. Ternak dipelihara untuk penghidupan atau untuk laba.
Peternakan merupakan suatu komponen penting dalam pertanian modern. Dimana telah dipraktekkan banyak masyarakat, sejak transisi menjadi bertani dari gaya hidup perburuan. Alpaka dan berbagai jenis unggas (termasuk ayam, angsa, kalkun dan itik). Sebagai tambahan dibeberapa daerah di dunia khusus dipelihara, antara lain : unta, bison, Ilamas dan burung unta yang mungkin sengaja dibesarkan sebagai ternak. Definisi ini meliputi binatang menyusui dan burung. Jenis ternak yang dibesarkan diseluruh dunia dan tergantung pada faktor, seperti : iklim, permintaan konsumen, binatang asli, tradisi lokal dan jenis daratan.
B.       Pengertian Komputer
Untuk lebih jelasnya disini akan di jelaskan pengertian ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer dan manfaatnya dalam penigkatan kualitas perkembangan dan penerapan pemuliaan ternak agar semakin maju dan pesat. Komputerberasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karena luasnya garapan ilmu computer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminiologi komputer.
1.        Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.
2.        Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
a.         Menerima input ;
b.        Memproses input tadi sesuai dengan programnya;
c.         Menyimpan perintah – perintah dan hasil pengolahan;
d.        Menyediakan output dalam bentuk informasi.
e.         Sedang Fouri [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar